5 Manfaat Teknik Pomodoro untuk Fokus dan Produktivitas

Sebagai pengidap ADHD, saya susah sekali fokus. Gampang terdistraksi. Perlu diakali dengan beragam life hack. Salah satunya, Pomodoro.

Pomodoro adalah teknik kelola waktu (time management) yang diciptakan oleh Francesco Cirillo. Saat kuliah, dia merasa kesulitan fokus belajar. Dia setel beker berbentuk tomat, lalu belajar sampai beker berdering 10 menit kemudian. Ndilalah manjur! Seiring waktu, dia oprek teknik itu hingga jadi terstruktur, lalu memperkenalkannya pada dunia.

Caranya simpel. Fokuslah mengerjakan tugas selama 25 menit, lalu istirahat selama 5 menit. Interval ini disebut “Pomodoro”, yang berarti “tomat” dalam bahasa Italia. Setelah 4 kali sesi Pomodoro, Anda boleh istirahat panjang, sekitar 20-30 menit.

Selama mengerjakan tugas, interupsi bisa saja tiba-tiba muncul. Tenang. Ada solusinya. Untuk interupsi eksternal, Anda bisa menegosiasikannya. Misalnya, kalau kolega minta diajari formula Excel, Anda bisa minta dia kembali setelah sesi Pomodoro berakhir. Sementara untuk interupsi internal, Anda bisa mencatatnya. Misalnya, kalau tiba-tiba terpikir film yang Anda ingin tonton, catat saja dulu di selembar kertas, Post-It, atau aplikasi todo list favorit, lalu segera balik ke tugas.

Ada banyak manfaat Pomodoro untuk produktivitas.

Mencegah prokrastinasi

Kalau tugas terlalu berat, kita cenderung menunda-nunda pengerjaannya. Memecah tugas jadi bagian-bagian kecil sangat membantu. Tiap bagian bisa diselesaikan dalam 25 menit atau kurang. Nggak akan terasa berat lagi. Nggak perlu menunda-nunda lagi.

Meningkatkan fokus

Batasan waktu bikin otak kita terpacu bekerja lebih cepat. Otomatis fokus terjaga.

Menjaga motivasi kerja atau belajar

Mengerjakan 1 tugas besar yang dipecah jadi beberapa bagian terasa seperti menyelesaikan lebih banyak tugas. Otak lebih sering memproduksi dopamin jadinya. Tugas terasa lebih seru dan menyenangkan, layaknya game.

Makin banyak tugas yang selesai

Karena fokus terjaga dan interupsi terkelola dengan baik, tentu saja makin banyak tugas yang terselesaikan.

Menjaga kesehatan fisik dan mental

Kelamaan duduk di depan komputer bikin punggung gampang sakit dan mata gampang lelah. Beristirahat sejenak tiap 25 menit, tepatnya dengan berdiri dan jalan-jalan sedikit, sungguh baik untuk kesehatan. Begitu pula otak, butuh istirahat setelah bekerja sekian lama. Boleh diisi dengan nonton video kucing lucu, tapi jangan kebablasan ya. Pakai sesi Pomodoro kalau perlu!

Foto kover oleh Alex Ghizila (Unsplash), free license.

2 pemikiran pada “5 Manfaat Teknik Pomodoro untuk Fokus dan Produktivitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s